Articles

Metro Tv News : Dokter Mogok, Keluarga Pasien Puji Korps Perawat

Metrotvnews.com, Madiun: Keluarga pasien rawat inap RS dr Soedono Madiun, Jawa Timur, mengapresiasi para perawat yang tetap mengabdi di saat dokter melakukan aksi mogok kerja, Rabu (27/11) kemarin. 

 

”Terus terang saya acungi jempol buat korps perawat. Rupanya merekalah yang berhati mulia dalam melakukan pelayanan kesehatan bila dibandingkan dokter kepada pasien rawat inap,” kata Sutrisno, 45, salah seorang keluarga pasien rawat inap di RS dr Soedono Madiun.

Menurut Sutrisno, para pasien awalnya cemas ketika dokter berencana mogok. Mereka khawatir para perawat juga akan ikut mogok. "Biasanya perawat di bawah perintah dokter dan direktur rumah sakit, tapi perawat tetap melakukan pelayanan kepada pasiennya,” kata Sutrisno di Madiun, Kamis (28/11).

Anggota keluarga pasien lainnya, Bambang, menambahkan yang aktif melakukan pelayanan kesehatan dan pengobatan selama di rumah sakit adalah tenaga paramedis. Sedangkan dokter mendatangi pasien inap dalam sehari hanya sesekali saja. Berbeda dengan perawat yang menjalankan tugasnya 24 jam atau sepanjang hari.

”Bisa dikatakan keselamatan jiwa pasien di rumah sakit itu adalah perawat bukan dokter. Karena perawat-lah yang 24 jam melakukan pelayanan kesehatan kepada pasien rawat inap. Sedangkan dokter mengunjungi pasien itu sehari mungkin cuma sesekali saja dan sebentar sekali,” jelas Bambang.

Para keluarga pasien juga mengkritik kinerja selama ini banyak dokter lebih mementingkan praktik di rumahnya atau luar daripada di rumah sakit. Buktinya, banyak dokter yang pegawai negeri itu mestinya harus kerja sesui masuk jam kerja pegawai negeri tetapi sering molor disebabkan mendahulukan praktiknya di luar rumah sakit. (Sunarwoto)

Editor: Irvan Sihombing

smber : 

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/28/6/197609/Dokter-Mogok-Keluarga-Pasien-Puji-Korps-Perawat